Rabu, 29 April 2015

SAHABAT NABI



Abu Bakar Shiddiq RA. “Wahai Umar, dalam urusan kekuasaan ini ada dua orang yang celaka; pertama, orang yang berambisi menjadi penguasa, padahal dia tahu bahwa ada orang lain yang lebih pantas dan lebih mampu daripada dirinya. Kedua, orang yang menolak ketika diminta dan dipilih, padahal dia tahu dirinyalah yang paling pantas dan paling mampu; dia menolak semata-mata karena lari dari tanggungjawab dan enggan berkhidmah kepada umat.”

Abu Bakar Shiddiq RA berkata: “Kami telah meninggalkan 70 persoalan yang berkaitan dengan yang halal karena kawatir dengan persoalan yang haram.”

Umar bin Kaththab RA : “Belajarlah ilmu sebelum kalian menjadi pemimpin! Agar engkau tidak memimpin dengan kebodohanmu.”

Umar bin Khattab RA berkata, “... Jika rezeki yang ala kadarnya tidak membuatnya cukup, maka segala sesuatu tidak akan memuaskannya.”

Usman bin Affan RA: “Aku heran melihat orang yang sudah tahu bahwa semua perkara terjadi menurut takdir, tetapi masih bersedih karena kehilangan sesuatu.”

Ali bin Abi Thalib RA: “Seorang teman tidak bisa dianggap teman sampai ia diuji dalam tiga kesempatan; di saat membutuhkan, di belakang anda, dan setelah kematian anda.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar