Minggu, 30 Oktober 2016

BERSIN



Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika salah seorang dari kalian bersin maka ucapkanlah (segala puji bagi Allah).” (HR.  Bukhari)
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  “Sesungguhnya Allah mencintai bersin dan membenci menguap. Jika salah seorang dari kalian bersin lalu memuji Allah (dengan mengucapkan alhamdulillah), maka wajib bagi setiap muslim yang mendengarnya untuk mendoakannya.” (HR. al-Bukhari dari sahabat Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu)
Dari sahabat Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu dia berkata, “Ada 2 orang yang bersin di hadapan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam kemudian mendoakan salah satu dari mereka namun tidak mendoakan yang lainnya. Kemudian orang yang tidak didoakan bertanya kepada beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, “Si fulan bersin lalu engkau mendoakannya sementara aku bersin engkau tidak mendoakanku?” Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Orang ini memuji Allah (mengucapkan hamdalah) sementara engkau tidak memuji Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Sumber:
http://buletin-alilmu.net/2012/07/04/adab-bersin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar