Minggu, 30 Oktober 2016

KENAPA......???



Temanku bertanya kepadaku, “Kenapa? Kenapa Husein cucu Rasulullah SAW meninggal secara tragis yaitu dengan dipenggal kepalanya pada peristiwa Karbala? Kenapa saat itu Allah tidak menyelamatkannya? Padahal ia adalah cucu Nabi.”

Sesaat aku diam. Lalu aku teringat kisah tentang Nabi Zakaria AS dan Nabi Yahya AS.
Aku mengatakan kepada temanku, “Aku dulu pernah menanyakan hal yang sama. Kenapa? Kematian Nabi Zakarian AS dan Nabi Yahya AS secara tragis, padahal keduanya adalah utusan Allah. Kenapa Allah tidak menyelamatkan mereka dan membuat keajaiban untuk keduanya? Kenapa...?”

Dari kisah yang kubaca Nabi Zakaria meninggal karena digergaji. Saat itu ia bersembunyi di balik pohon. Sedangkan Nabi Yahya meninggal karena dipenggal oleh raja yang dzalim.

Aku menambahkan, “Tetapi aku teringat tentang kisah sebelum Nabi Adam AS diciptakan. Ketika Allah mengatakan kepada para malaikat bahwa Dia akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Lalu para malaikat bertanya, ‘Mengapa Engkau menjadikan khalifah yang akan membuat kerusakan di muka bumi?’ Lalu Allah menjawab, ‘Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.’”

Aku mengatakan kepada temanku, “Mengenai jawabannya. Aku tidak mengetahui. Allah-lah Yang Maha Mengetahui. Dia Maha Berkehendak.”

********
"Ingatlah, ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat: 'Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi'. Mereka berkata: 'Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih, dengan memuji Engkau, dan mensucikan Engkau'. Rabb berfirman: 'Sesungguhnya, Aku mengetahui, apa yang tidak kamu ketahui'." – (QS. Al Baqarah 2:30)

"Dan Dia mengajarkan kepada Adam, nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemuka-kannya kepada para Malaikat, lalu berfirman: 'Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu, jika memang kamu orang yang benar!'." – (QS. Al Baqarah 2:31)

"Mereka menjawab: 'Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui, selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya, Engkaulah Yang Maha Mengetahui, lagi Maha Bijaksana." – (QS. Al Baqarah 2:32)

"Allah berfirman: 'Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini'. Maka setelah diberitahu-kannya nama-nama benda itu, Allah berfirman: 'Bukankah sudah Kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya, Aku mengetahui rahasia langit dan bumi, dan mengetahui, apa yang kamu lahirkan, dan apa yang kamu sembunyikan'." – (QS. Al Baqarah 2:33)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar