Minggu, 30 Oktober 2016

MENUNDUKKAN PANDANGAN



Al Fadhl Ibnu Abbas RA telah menceritakan hadits sebagai berikut: “Ketika aku sedang membonceng di belakang Rasulullah SAW dari Muzdalifah menuju ke Mina, saat kami sedang berjalan, tiba-tiba muncul seorang Arab Badui yang membonceng anak perempuannya yang cukup cantik. Kendaraannya berjalan bersebelahan dengan unta Rasulullah SAW.”

Al Fadhl Ibnu Abbas RA melanjutkan kisahnya: “Aku selalu memandang anak perempuannya, maka Nabi SAW memandang ke arahku dan memalingkan wajahku dari anak perempuan itu. Akan tetapi aku kembali memandangnya dan Nabi SAW memalingkan wajahku lagi darinya, hingga beliau melakukan hal tersebut terhadapku sebanyak tiga kali karena aku tidak mau berhenti dari memandanginya. Sedangkan Nabi SAW terus mengucapkan talbiyahnya hingga selesai melempar jumrah Aqabah.” (HR. Ahmad, Musnad Bani Hasyim 1709)

Dalam riwayat Ibnu Khuzaimah disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda kepadanya: “Hai anak saudaraku, sesungguhnya hari ini adalah hari milik orang yang menundukkan pandangan matanya dan memelihara kemaluan dan lisannya, karena itu akan mendapatkan ampunan (dari segala dosanya).”

Sumber: Tahapan Mendidik Anak-Teladan Rasulullah SAW;Jamaal Abdur Rahman; Irsyad Baitus Salam; Bandung;September 2005

1 komentar: