Minggu, 30 Oktober 2016

DUNIA INI LENGKAP SUDAH



Dunia ini lengkap sudah.
Ada banyak hal yang kita sukai.
Ada banyak juga hal yang kita tidak sukai.
Bagi kita yang mendapatkan hal-hal yang kita sukai, itu mudah.
Kita pasti langsung bisa menerimanya. Tidak ada masalah.

Yang menjadi masalah adalah ketika kita mendapatkan hal-hal yang kita tidak sukai. Saat itu kita tidak bisa menghindar dari hal-hal yang kita tidak sukai. Kita juga tidak bisa menjauhinya atau bahkan menghilangkannya. Tidak ada pilihan lain kecuali menerimanya sebagai realitas kehidupan. Hanya itu yang bisa kita lakukan.

Kita tidak terlepas dari takdir kehidupan yang telah Allah tetapkan.
Dan takdir kehidupan yang sampai ke kita itu kebanyakan adalah hal-hal yang kita tidak sukai pada awalnya. Tetapi kita harus beradaptasi, (bernegosiasi) dengan takdir kehidupan yang ada. Pada akhirnya kita harus menerimanya sebagai kenyataan. Mungkin memang pahit.

Tapi mau apalagi? Semua sudah terjadi....!

************

Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, itu semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri. (QS Al-Hadid 57: 22-23)

Nabi SAW bersabda, “Jika Allah menghendaki kebaikan untuk seorang hamba-Nya maka Allah akan menyegerakan hukuman untuknya di dunia. Sebaliknya jika Allah menghendaki keburukan untuk seorang hamba, maka Allah akan biarkan orang tersebut dengan dosa-dosanya sehingga Allah akan memberikan balasan untuk dosa tersebut pada hari Kiamat nanti.” (HR. Tirmidzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar