Minggu, 30 Oktober 2016

CUCU RASULULLAH




Suatu hari Nabi SAW menggendong Al Hasan dan Al Husain di kedua sisi pundaknya, lalu beliau SAW bersabda, “Sebaik-baik pengendara adalah keduanya, tetapi ayah keduanya lebih baik daripada keduanya.” (HR. Thabrani)

Diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Jafar, ia berkata: “Dahulu Nabi SAW apabila baru tiba dari perjalanannya, kedatangannya selalu disambut oleh anak-anak ahli baitnya. Suatu hari beliau baru datang dari perjalanannya dan aku adalah anak yang paling terdepan menyambutnya, maka beliau langsung menaikkanku di depannya. Kemudian didatangkanlah salah seorang dari kedua putera Fathimah RA, Al Hasan atau Al Husain. Lalu beliau memboncengkannya dibelakangnya, dan kami bertiga memasuki kota Madinah di atas kendaraannya.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Syaddad RA telah menceritakan: “Rasulullah SAW keluar dari rumahnya  menemui kami yang sedang menunggu shalat Maghrib atau Isya’, sedang beliau menggendong Hasan atau Husain. Rasulullah SAW maju dan meletakkan cucunya, kemudian melakukan takbir shalatnya. Dalam salah satu sujud shalatnya itu, beliau lama sekali melakukannya.” Ayah perawi hadits mengatakan, “Kuangkat kepalaku, ternyata kulihat anak itu berada di atas punggung Rasulullah SAW yang sedang dalam sujudnya. Sesudah itu aku kembali ke sujudku. Setelah Rasulullah SAW menyelesaikan shalatnya orang-orang bertanya: ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau telah melakukan suatu sujud dalam shalatmu yang begitu lama sehingga kami mengira terjadi sesuatu pada dirimu karena diturunkan wahyu kepadamu.’ Rasulullah SAW menjawab: ‘Semuanya itu tidak terjadi, melainkan anakku ini menunggangiku sehingga aku tidak suka bila menyegerakannya untuk turun sebelum dia merasa puas denganku.’” (HR. Nasa’i, Ahmad, Abu Ya’la)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar